Keseruan GTS BEM FASILKOM di SMAN 1 Waru

Keseruan GTS BEM FASILKOM di SMAN 1 Waru

Pagi yang amat cerah di hari Rabu, 08/11/2017, kami mendapat tugas khusus dari BEM melalui kepanitiaan yang dibentuk oleh Kementrian Seni dan Olahraga untuk mengenalkan Fakultas Ilmu Komputer ke SMA Negeri 1 Waru.

Kami terhimpun dari komunitas yang ada di FASILKOM, terdiri dari ILC (Informatic Learning Community), KoLU (Komunitas Linux UPN “Veteran” Jawa Timur), ISCOM (Information System Community), RRG (Robotic Research Group) dan Mobile Dev. Setelah melakukan breafing pagi, kami berangkat bersama-sama menuju SMAN 1 Waru yang bertempat di komplek perumahan Wisma Tropodo, Waru, Sidoarjo.

Acara GTS atau Goes to School ini merupakan pertama kalinya kami berkolaborasi dengan komunitas yang lain, dan tentu mungkin juga acara pertama yang melibatkan dunia pendidikan selain kampus. Deg-degan.

Tepat jam 9, panitia bersama dengan perwakilan masing-masing komunitas tiba di SMAN 1 Waru dan langsung melakukan persiapan. Kami bergotong-royong menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan. Saling estafet mengangkat meja dan kursi, memasang banner, menyiapkan koneksi listrik untuk masing-masing stand komunitas. Sungguh pemandangan yang sangat jarang terlihat dikehidupan kami di kampus.

Tidak membutuhkan waktu lama, berbagai persiapanpun telah selesai, saatnya kawan-kawan komunitas menyiapkan stand mereka masing-masing. RRG, KoLU dan Mobile Dev menjadi satu baris. ILC dan ISCOM ada di depan dan stand kami berhadapan.

Jam istirahat pun tiba, siswa-siswi yang mayoritas kelas 12 pun segera memadati stand kami, satu per-satu adik-adik siswa-siswi bergerumul di masing-masing stand yang menjadi daya tarik untuk mereka.

Stand KoLU pun tak luput dari kunjungan, banyak diantara mereka tertarik sekaligus penasaran dengan perangkat lunak bebas, bahkan banyak pula yang bertanya mengenai prospek kerja jika mereka menguasai GNU/Linux nantinya.

Dalam acara ini KoLU diwakili oleh tiga tim, yaitu Irfan (15, Wakil Koordinator), Bagus (16, Wakadiv Web) dan Umam (14, Kadiv Web). Kami bertugas bergantian untuk menjelaskan. Irfan bertugas menjelaskan mengenai Zorin, sedangkan Umam dan Bagus kebetulan pengguna turunan langsung dari Debian GNU/Linux, sehingga keduanya bergantian untuk menjelaskan.

Acara GTS berlangsung hingga sampai pukul 12.00 WIB, setelah perwakilan panitia berpamitan ke Kepala Sekolah dan bagian kesiswaan, kami menyempatkan diri berfoto dengan panitia dan kawan-kawan komunitas lain. Sesampainya di kampus, acara diakhiri dengan evaluasi kegiatan.

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *