Belajar bareng Sysadmin Lanjutan KoLU

Belajar bareng Sysadmin Lanjutan KoLU

Belajar bareng merupakan agenda wajib di KoLU, disamping bertujuan membagikan ilmu juga mempererat tali silahturahmi. Belajar bareng kali ini membahas tentang sysadmin Lanjutan dengan pemateri Bari Hade Variant Wahono selaku Ketua Divisi Jaringan dan dibantu dengan menggunakan Sistem Operasi Debian 18.04 dalam mempraktekkan materinya.
Sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita perlu lebih tahu apa itu sysadmin?
Sysadmin alias System administrator adalah seseorang yang bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sistem komputer dan/atau jaringan. Tugas-tugas seorang administrator sistem cukup luas, dan sangat bervariasi dari satu organisasi ke yang lainnya. SysAdmin biasanya melakukan instalasi, mendukung dan memelihara server atau sistem komputer lainnya, termasuk perencanaan dan menanggapi masalah TI. Tugas lain mungkin termasuk scripting atau pemrograman Sysadminn ringan, manajemen proyek untuk sistem-proyek terkait, mengawasi atau pelatihan operator komputer, dan menjadi konsultan untuk masalah komputer di luar staf dukungan teknis. Agar dapat melakukan pekerjaannya dengan baik, seorang administrator sistem harus menunjukkan kombinasi antara keterampilan teknis dan tanggung jawab.

Nah, Kalau kalian ingin menjadi sysadmin yang handal setidaknya kalian harus menguasai materi-materi berikut :

  • 1. PHP, Apache dan MySQL
    Bagi kalian yang sering berselancar di internet pasti sedikit banyak tau tentang “mereka”, Jadi Apache, PHP dan MySQL digunakan untuk membangun Website mereka. Apache bertugas sebagai Web Server, PHP sebagai Server side scripting dan MySql bertindak sebagai Database management System(DBMS). Dengan menguasai materi ini kalian akan mampu membangun Local Web Server sendiri
  • 2. DHCP Server
    Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) merupakan service yang memungkinkan perangkat dapat mendistribusikan/assign IP Address secara otomatis pada host dalam sebuah jaringan. Cara kerjanya, DHCP Server akan memberikan response terhadap request yang dikirimkan oleh DHCP Client. Selain IP Address, DHCP juga mampu mendistribusikan informasi netmask, Default gateway, Konfigurasi DNS dan NTP Server serta masih banyak lagi custom option (tergantung apakah DHCP client bisa support). Penerapan DHCP Server contohnya pada Router WiFi, Router di sini akan memberikan konfigurasi baik IP, DNS, NetMask dan lain-lain agar dapat berkomunikasi dengan jaringan serta internet
  • 3. SSH Server
    SSH adalah akronim dari Secure Shell yang merupakan sebuah protokol jaringan yang memanfaatkan kriptografi untuk melakukan komunikasi data pada perangkat jaringan agar lebih aman. Dalam konsepnya penggunaan SSH ini harus didukung oleh server maupun perangkat atau komputer klien yang melakukan pertukaran data. Keduanya harus memiliki SSH Server dari sisi komputer server dan SSH Klien untuk komputer penerima (klien). Jadi SSH dapat digunakan untuk melakukan Remote Shell dengan tingkat keamanan yang tinggi, Remote shell sangat berguna jika kalian memiliki mobilitas yang sangat tinggi namun dituntut untuk produktif.
  • 4. FTP Server
    FTP atau File Transfer Protocol adalah protokol internet yang berjalan dalam satu lapisan aplikasi yang berfungsi untuk tukar menukar data antara client dan server dalam 1 jaringan. Sebelum melakukan pengiriman data akan dibuatkan sesi komunikasi terlebih dahulu oleh FTP dengan menggunakan protokol TCP. Bagi kalian yang mempunyai web hosting pasti tidak asing dengan FTP, jadi FTP berguna untuk melakukan pertukaran data antara Server dan Client.
  • 5. Bind9
    BIND9 atau Berkeley Internet Name Domain Versi 9 adalah salah satu software yang biasa digunakan untuk membuat, membangun dan mengatur sebuah DNS (Domain Name Server) pada sistem operasi Linux. Pasti kalian tidak asing dengan DNS Google(8.8.8.8), ya jadi DNS adalah sebuah sistem yang bertugas menerjemahkan alamat Domain menjadi Alamat IP. Komputer yang terhubung pada internet umumnya memiliki IP namun apabila harus menghafal IP akan dirasa sulit maka dari itu digunakanlah domain agar mudah diingat.

Sekian sedikit pembahasan yang dapat saya sampaikan terkait Belajar bareng yang diadakan oleh KoLU beberapa hari yang lalu. Bagi kalian yang penasaran atau ingin tahu lebih banyak tentang Linux jangan sungkan-sungkan bertanya dan nimbrung di komunitas kami. Sekian dan terim kasih.

 

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *