Keseruan Konferensi LibreOffice Indonesia 2018

Keseruan Konferensi LibreOffice Indonesia 2018

KoLU mendapatkan undangan khusus untuk menghadiri kegiatan LOCI (LibreOffice Conference Indonesia) pada tanggal 23-25 Maret 2018 yang digelar di PENS (Politeknik Elektronika Negeri Surabaya) dari ketua acara lokal, Darian Rizaludin dan ketua acara nasional, Ahmad Haris. LOCI 2018 menghadirkan pembicara yan hebat, dua diantara pembicara tersebut adalah Italo Vignoli, pendiri TDF, dan Franklin Weng, anggota TDF yang berhasil memigrasikan pengolahan dokumen disuatu wilayah di negara Taiwan ke ODF. Peserta selain memperoleh materi yang diberikan oleh pemateri juga akan mendapatkan seminar kit, sertifikat, doorprize, dan snack. Acara LOCI sendiri diseponsori oleh BEKRAF, Kementrian Komunikasi Dan Informatika Republik Indonesia, LibreOffice The Document Foundation, DOMUS, FANS, openSUSE, LINKSOF, CLUUDIKLAT, openSUSE.ID, IDX, APJII, AOSI, Btech, excellent, KebabLasan, SAKTI, OI BLANKON, ENDLESS.

Kegiatan LOCI 2018 yang kami ikuti hanya pada 24-25 Maret 2018. Acara dimulai pada jam 08.00 untuk registrasi peserta, dan jam 09.00 pembukaan acara dilanjukan materi. Diluar ruang seminar juga terdapat stand sponsor yang ikut berpartisipasi dalam acara LibreOffice Conference Indonesia 2018.

Hari pertama jam 08.00 peserta melakukan registrasi dan mengambil kartu tanda peserta serta seminar kit. Setelah pembukaan dan sambutan kami mendapat materi “How to promote ODF/LibreOffice” yang disampaikan langsung oleh Franklin Weng. Selanjutnya kami mendapatkan materi “Digital Signature” yang disampaikan oleh Riki Arif. Setelah mendapat dua materi kami istirahat dan mendapatkan snack. Waktu istirahat kami manfaatkan untuk makan dan berkeliling melihat stand dari sponsor. Banyak sekali komunitas di sana, kita bisa bertanya apa saja tentang komunitas mereka. Selain memberi penjelasan tentang komunitas mereka masing-masing, mereka juga membuka diri bagi siapapun yang mau ikut berkontribusi di dalamnya.

Setelah jam istirahat kita lanjut materi lagi, namun pada jam ke dua ini kelas untuk materi dibagi menjadi tiga yaitu paralel 1, 2, dan 3 . Peserta bebas memilih kelas yang mereka minati. Materi yang akan disampaikan pada paralel 1 “Pemanfaatan LibreOffice pada lembaga pendidikan” yang disampaikan oleh Faiq Aminuddin. Paralel 2 pemateri akan menyampaikan tentang ”Memanfaatkan LibreOffice di pabrik sepatu fans” yang disampikan oleh Iwan S. Tahari. Paralel 3 diisi oleh Umul Sidikoh akan menyampaikan tentang “Why so difficult to recruite female contributor to FOSS”. Setelah peserta mengikuti materi dari masing kelas akan diakhiri dengan foto bersama dengan pemateri dari kelas tersebut.

Sesi foto bersama selesai kemudian lanjut ISHOMA. Waktu ISHOMA lumayan panjang sehingga kita dapat menggunakan waktu istirahat untuk makan, sholat, dan berkeliling ke stand seponsor lagi. Setelah ISHOMA lanjut lagi dengan materi yang dibagi menjadi tiga kelas seperti jam kedua. Untuk kelas paralel 1 materi yang akan diberikan adalah “menulis template laporan skripsi (dan apapun) dengan LibreOffice” yang disampaikan langsung oleh Mukhamad Nurul Irfan dan disambung materi tentang “manajemen LibreOffice terbaru dengan Docker Container” oleh Samsul Ma’arif. Kelas paralel 2 akan disampaikan dua materi antara lain tentang “collabora online in nextcloud” dan “personalize LibreOffice appearance” oleh Darian Rizaludin dan Nur Aini Rahmawati. Paralel 3 yang diisi oleh Italo Vignoli akan menyampaikan materi tentang “LibreOffice cartification workshop-cerfication program, and certification skills ”. Setelah kelas selesai masing-masing kelas lanjut sesi foto bersama dengan pemateri dari kelas masing-masing.

Setelah seluruh acara dari pembukaan sampai materi pada jam ke tiga selesai seluruh peserta dikumpulkan di ruangan yang digunakan untuk pembukaan untuk acara penutupan. Selesai penutupan peserta dipersilahkan untuk pulang.

Hari kedua jam 08.00 peserta melakukan registrasi serta mengahbil seminar kit, selain itu peserta langsung mendapatkan snack. Seluruh peserta setelah melakukan registrasi pesera dipersilahkan memasuki ruang Auditorium untuk mengikuti pembukaan seperti hari pertama. Selanjutnya akan diisi oleh Noor Azam yang akan menyampaikan materi tentang “the importance of open standads date” kemudian lanjut materi tentang “positioning and main features” oleh Italo Vignoli. Setelah selesai materi peserta dipersilahkan untuk istirahat sekitar 45 menit kemudian lanjut materi yang dibagi menjadi tiga kelas paralel seperti hari pertama. Untuk paralel 1 pada jam pertama akan diisi oleh Wildan Zubaid yang akan menyampaikan tentang “performance comporison : building Libreoffice on the cloud” dan lanjut materi tentang “ngods- simple editing ods file in website” yang akan disampaikan oleh Muhammad Irfan. Paralel 2 yang berisi meteri tentang “an impressive of impres” oleh Eric Sun. Sedangkan paralel 3 berisi materi tentang “Monitoring SLA wth prometheus and LibreOffice” oleh Didiet Agus Pambudiono. Setelah materi selesai disampaikan peserta berkesempatan berfoto bersama satu kelas dengan pemateri.

Selesain materi pada jam pertama peserta dipersilahkan untuk ISHOMA. Setelah ISHOMA peserta lanjut materi lagi pada jam kedua dan dipersilahkan memilih kelas paralel. Untuk paralel 1 akan disampaikan materi tentang “penggunaan LibreOffice – menulis buku dengan LibreOffice” yang disampaikan langsung oleh Sokibi. Paralel 2 akan disampaikan dua materi yaitu “LibreOffice untuk penulisan karya ilmiah bahasa arab” oleh Rizki Fauzi dan “Membuat LibreOffic lebih segar dengan pengaturan sederhana” oleh Chotibul Umam. Paralel 3 juga berisi dua materi antara lain “SMK sakti goes opensource” dan “how to contribute to open source project as a non coder” oleh Ananda Dwi Rahmawati dan Rizki Kalimutu. Setelah materi selesai lanjut sesi foto bersama satu kelas dengan pemateri.

Setelah semua materi dari tiap kelas selesai disampaikan perserta di persilahkan istirahat hanya 30menit kemudian lanjut acara “Open Q&A to TDF core members – LibreOffice/The Document Foundation”. Sebelum acara ditutup ada pembagian hadian untuk panitia tergiat dari PENS dan KLAS. Kemudian ada game dimana bagi peserta yang tempat duduknya terdapat stiker maka dia akan mendapatkan mini PC.

Acara telah selesai peserta keluar dari ruang Auditorium dan mengambil sertifikat masing-masing.

Akhir kata, kami sangat berterima kasih kepada segenap panitia acara Konferensi LibreOffice Indonesia 2018, terutama kepada Darian Rizaludin dan Ahmad Haris, yang telah mensponsori kami untuk menghadiri acara yang keren ini, dengan itu, semoga kami semakin bersemangat dalam berkontribusi dalam Free/Libre Open Source Software.

Kontributor : Rahmawati.

468 ad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *